oleh

161 Warga Desa Bulubonggu Dapurang Terima Dana BLT

Sekiranya dirinya di perbolehkan memanfaatkan Dana Desa keseluruhannya pun akan dia bagi habis untuk membantu masyarakatnya, Tegas Arwin Rusdi. S.Sy Kades Bulubonggu

 

Wartadedikasi.Com, Pasangkayu- Salah satu desa yang patut diaparesiasi dalam penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) adalah Desa Bulubonggu Kecamatan Dapurang Kabupaten Pasangkayu.mengapa demikian sebab selain diumumkan secara terbuka para penerimanya melalui pemasangan Baliho juga diserahkan secara terbuka dikhalayak umum agar warga desa lainnya mengetahui siapa yang memang berhak dan layak menerima bantuan tersebut.

Kegiatan penyaluran Dana
Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa Bulubonggu selain di hadiri oleh kepala desa bulubonggu Arwin Rusdi. S.Sy, turut dihadiri Camat Dapurang yang diwakili Budi Sarwono,Kasie Pemerintahan Kecamatan
Dapurang, turut hadir pula Kanit Reskrim Tipikor Polres Pasangkayu, Babinsa Desa Bulubonggu Sukamto. Serta para Kepala dusun dan BPD pada jumat, 29 Mei 2020.

Lanjut Arwin Rusdi menjelaskan bahwa sejak mewabahnya Virus Corona Disease 2019 ini masyarakat merasakan dampaknya secara langsung, sehingga pemerintah pusat melalui kementerian Desa PDTT membolehkan untuk memanfaatkan Dana Desa sebesar 30 persen anggarannya untuk di salurkan menjadi Bantuan langsung Tunai. Adapun Dana Desa untuk Desa Bulubonggu sebesar Rp. 977.000.000 setelah dipotong 30 persen hasilnya adalah Rp. 299.000.000 untuk dibagikan kepada penerima sebanyak 161 KK, ungkapnya.

Lebih jauh Kades Arwin mengungkapkan saat ini jumlah Kepala Keluarga warga Desa Bulubonggu sebanyak 709. Dari jumlah tersebut yang tercatat sebagainPenerima Dana BLT sebanyak 161 KK, adapun penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) hanya 24 KK. begitupula jumlah penerima dari program PKH hanya sebanyak 83 KK, sementara untuk Penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sebanyak 113 KK dan yang mendapatkan bantuan Sembako dari Pemerintah kabupaten Pasangkayu sebanyak 266 KK.

Kepala Desa Bulubonggu menegaskan jika sekiranya dirinya di perbolehkan untuk memanfaatkan Dana Desa keseluruhannyapun akan dia bagi habis dana tersebut untuk membantu masyarakatnya.Namun pihaknya terkendala oleh aturan, Namun demikian selaku kepala desa dirinya akan tetap berupaya semaksimal mungkin agar keseluruhan warganya sebanyak 709 KK itu akan mendapat bantuan walaupun itu berupa Sembako, pungkas Arwin Rusdi. (Kadir/wd)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *