oleh

Harga TBS Bulan September Naik

Wartadedikasi.com, Mamuju — Petani sawit di Sulbar boleh sedikit bernafas legah, harga Tandan Buah Segar (TBS) untuk bulan September ini naik.

Kenaikan harga itu setelah mengalami penurunan harga selama tiga bulan berturut – turut.

Sekretaris Tim Penetapan Kimoto Bado mengatakan, indeks “K” sebesar 77,00 persen, sedangkan harga TBS ditetapkan sebesar Rp.1.001,24 sen.

“Alhamdulillah adanya kebijakan kesepakatan bersama untuk penetapan Indeks K, sedangkan harga TBS mengalami kenaikan dibandingkan dengan bulan sebelumnya,” kata Kimoto.

Kimoto menjelaskan, untuk menjaga agar bisa harga tetap stabil akan memperbaiki kelambagaan ditingkat petani. Kementerian Perkebunan RI juga berencana akan membuat sertifikat Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) para petani Sawit di Sulbar.

“Muatan Sertifikat itu bahwa mulai dari pengelolaanya hingga budidayanya ramah lingkungan,” bebernya.

Kimoto menambahkan tim penetapan harga TBS selalu berada pada garis independen yang tidak memihak siapapun, sehingga pihaknya berharap sinergitas terus dibangun demi kepentingan bersama.

“Kita berharp para petani terus memperbaiki kualitas dan bagaimana merawat kebunnya dengan baik maupun memupuk dengan baik sehingga produksi bisa lebih maksimal,”tutupnya. (il/End)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *