by

Hima PPKN Unismu Makassar Akan Laksanakan Olimpiade Konstitusi Di Sulbar

Wartadedikasi.com, Mamuju — Himpunan Mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Hima PPKn), Universitas Muhammadiyah (Unismu) Makassar akan melaksanakan Olimpiade Konstitusi pada januari 2020.

Olimpiade Konstitusi (Kompetensi Intelektual Siswa-Siswi) 2020 Tingkat Pelajar SMA/MA/SMK/Sederajat se-SUL-SELBAR.

Pelaksanaan kegiatan tersebut, mengangkat tema “Memperluas Wawasan Kebangsaan Untuk Memajukan Generasi Berbasis Pancasila Dalam Menghadapi Industri 4.0”.

Dalam tahapan pelaksanaannya, setiap sekolah yang mendaftarkan Tim nya mengikuti lomba, terlebih dahulu diseleksi diregional masing-masing, atau ditiap-tiap kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (SUL-SELBAR).

Selanjutnya dari tiga sekolah yang lolos sebagai juara 1,2 dan 3 akan mengikuti lomba babak semi final di Universitas Muhammadiyah Makassar.

“Tiap sekolah mengirim siswa-siswinya maksimal Tiga orang untuk satu tim dan bisa mengikuti dua kategori perlombaan,” kata Ketua Umum Hima PPKn Unismu Makassar; Muh. Nurhadi yang didampingi oleh Rian saat berkunjung di Sekretariat Ikatan Jurnalis Sulawesi Barat (IJS), Selasa (17/12/19).

Bagi sekolah yang ingin mengikuti lomba dapat mendaftar secara online melalui https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSeu1OGs5c8jg1MMQ1UE2umI4CxzibybAigE_SrEoRqEE9zQIA/viewform.

“Informasi kategori lomba dan syarat pendaftaran untuk lebih jelasnya dapat dilihat melalui website tersebut,” tambah Nurhadi.

Sebelumnya Nurhadi dan Rian berkunjung ke Sulawesi Barat dalam rangka meminta rekomendasi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Barat untuk melaksanakan kegiatan.

“Selanjutnya akan ada pengurus dari kami datang untuk menyeleksi tiap-tiap tim sekolah yang ada di Kabupaten wilayah Sul-Selbar. Kemudian dari hasil seleksi itulah baru ditentukan Tiga Tim dari peserta lomba yang berhak mengikuti babak semi final,” lanjutnya.

Disampaikan, untuk pemenang juara 1, 2 dan 3 akan diberikan hadiah berupa uang dengan nilai jutaan rupiah, juga ada piala dan tropi. Selain itu ada sertifikat bagi peserta atau guru yang mendampingi tim.

“Untuk seleksi tahap awal di regional masing-masing sekolah rencanya berlangsung bulan Januari dan babak final bulan Februari,” ungkap Nurhadi.

Nurhadi berharap dengan kegiatan tersebut dapat terbangun karakter kebangsaan yang kuat bagi siswa-siswi maupun mahasiswa khususnya dilingkup Universitas Muhamammadiyah Makassar.

“Itu juga sebagai upaya untuk mengantisipasi pengaruh atau doktrin dari kelompok yang mencoba merongrong NKRI,” harapnya. (Ir/End)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *