oleh

Parah!!! Dinilai Melawan UU No 5 Tahun 2014, Oknum ASN Plt Kadisnaker Mamuju Kampanye Pilkada,Bawaslu Enggan Berkomentar

Wartadedikasi.Com,Mamuju- Sikap melawan Undang-Undang dan Kode etik ASN yang dipertontonkan Oknum Plt Kadis Tenaga Kerja dan Transmugrasi Kabupaten Mamuju yang melakukan Kampanye mendukung salah satu pasangan Calon Bupati dan Wakil bupati nomor urut 1 bisa berdampak sanksi hukum apalagi dilakukan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) setingkat kepala dinas.

Dari rekaman video yang beredar yang dikutip media sangat jelas menunjukkan wajah Rusdianto, Pelaksana tugas Kadis Tenaga kerja dan Transmigrasi Mamuju yang sedang berbicara melakukan ajakan untuk memilih salah satu paslon Tina-Ado di Tapalang, Senin (23/11/2020).

Dalam video yang berdurasi 13.33 menit, Rusdianto mengenakan baju kemeja lengan pendek bercorak, menggunakan kacamata bersama sejumlah warga setempat, melakukan orasi politik serta mengajak warga untuk memilih pasangan nomor urut 01 Tina-Ado.

“Malam ini adalah bukti  solidaritas kita, bertahan saja kita menang apalagi kita menyerang, kita bertahan saja di Tapalang ini kita menang diangka  57 persen, apalagi kalau kita menyerang,” kata Rusdianto dalam video tersebut,

Padahal dalam Undang-undang nomor 5 tahun 2014 menyebutkan, setiap ASN dilarang memberikan dukungan kepada calon kepala daerah/wakil kepala daerah dengan terlibat dalam kegiatan kampanye. Kemudian menggunakan fasilitas yang terkait dengan jabatan dalam kegiatan kampanye. Lalu membuat keputusan atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu calon pasangan calon selama kampanye.

Selain itu, juga dilarang mengadakan kegiatan yang mengarah kepada keberpihakan terhadap pasangan calon peserta Pemilu. Kegiatan-kegiatan yang dimaksud meliputi pertemuan, ajakan, imbauan, seruan atau pemberian barang kepada ASN dalam lingkungan unit kerjanya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Mamuju yang coba di konfirmasi beberapa rekan media juga belum ada tanggapan balik atas permasalahan ini. Saat ini video masih viral dimedia sosial dan menjadi bahan pembicaraan di tengah masyarakat. Lantas seperti apa respon ketua Bawaslu Mamuju terhadap viralnya video tersebut,redaksi masih menunggu bagaimana kelanjutannya.#tim/wd

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *