oleh

Penetapan Paslon Terpilih, KPU Tunggu Surat Resmi Dari MK

Wartadedikasi.com, Mamuju — Mamuju telah menetapkan hasil rekapitulasi penghitungan suara untuk Pilkada Mamuju tahun 2020. Untuk menetapkan pasangan calon terpilih, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mamuju baru dapat melaksanakannya pasca diterimanya surat resmi dari Mahkamah Konstitusi (MK).

Komisioner KPU Mamuju, Hasdaris menjelaskan, pihaknya belum memperoleh informasi apapun tentang ada tidaknya gugatan perselisihan hasil Pilkada Mamuju ke MK. KPU, kata Hasdaris, memilih menunggu kepastian dari MK tentang hal tersebut.

“Yah kita tunggu sampai besok. Kan gugatan ke MK itu dimasukkan paling lambat tiga hari kerja pasca hasil ditetapkan,” tutur Hasdaris, Senin 21 Desember 2020.

Hasdaris yang Komisioner KPU Mamuju divisi Hukum dan Pengawasan itu menyebut, berdasarkan regulasi yang ada, MK bakal melayangkan surat resmi ke KPU perihal ada tidaknya gugatan dari pasangan calon tertentu. Jika tak ada gugatan untuk Pilkada Mamuju, KPU Mamuju bakal segera menggelar pleno penetapan pasangan calon terpilih Pilkada tahun 2020.

“Aturannya itu paling tidak lima hari setelah surat dari MK itu diterima, KPU harus menggelar penetapan pasangan calon terpilih,” begitu kata Hasdaris.

Kamis, 17 Desember 2020 yang lalu, KPU Mamuju menetapkan hasil penghitunan suara pada rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara, Pilkada Mamuju Tahun 2020.

Pada agenda tersebut, KPU Mamuju menetapkan pasangan calon nomor urut satu, Hj, Sitti Sutinah Suhardi, S.H.,M.Si-Ado Mas ud, S.Sos meraih suara pemilih sebanyak 76.627. Sementara pasangan nomor urut dua, Drs. H. Habsi Wahid, MM-H. Irwan SP Pababari, S.H.,MTP meraih suara pemilih sebanyak 67.029. (kpu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *