oleh

Sekdaprov Sulbar Dorong Wartawan Jadi Lokomotif Bicara Tentang Industri Sawit Dan Sektor Ekonomi Lainnya

Wartadedikasi.Com, Mamuju – Peran Wartawan atau Jurnalis dalam mendorong percepatan pembangunan Nasional sangat strategis selain sebagai sarana publikasi juga sebagai sarana sosial kontrol.

Mencermati hal tersebut, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulbar menggelar kegiatan bertajuk Seminar Kompetensi Wartawan dan Humas Pemerintah Tentang Industri Sawit Indonesia di Hotel Grand Maleo Mamuju, Kamis (14/11/2019).

Sekda Provinsi Sulbar, DR. H. Muhammad Idris DP mengungkapkan salah satu sektor yang kurang terpublikasi selama ini yakni industri kelapa sawit di Sulbar. Dia menilai untuk memajukan sebuah komoditas seperti kelapa sawit, bisa berjalan sendiri tanpa ada peran dari para wartawan.

“Untuk membuat hal ini bisa berjalan dengan cepat, maka keberadaan kawan-kawan wartawan harus bisa menjadi lokomotif khusus untuk memajukan hal itu,” ujarnya.

Sekda Sulbar sangat mengapresiasi acara yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ini,l yang mengusung tema pengembangan industri kelapa sawit menuju kemandirian energi.

Selain bisa jadi model dalam memajukan industri kelapa sawit di Sulbar, Idris Juga mengharapkan sebagai langkah awal untuk mendiskusikan isu-isu lainnya, yang dapat mendorong percepatan pembangunan di Sulbar, seperti pertanian, peternakan dan lainnya.

“Saya kira berikutnya bukan hanya kelapa sawit lagi yang kita diskusikan, namun isu-isu yang berkaitan dengan peternakan dan seterusnya,” ucapnya.

Ketua PWI Sulbar, Naskah M. Nabhan menjelaskan seminar ini bertujuan memberikan kompetensi kepada wartawan untuk bisa memahami terkait industri kelapa sawit.

Menurut Naskah, titik fokus Kegiatan ini lebih mengarah kepada upaya mengkaji dari sudut pandang ekonomi.karena itu Jurnalis harus peka dan jeli, serta senantiasa menganalisis masalah-masalah ekonomi di Sulbar.

Dalam perkembangan saat ini tidak bisa dipungkiri bahwa terdapat tiga kabupaten di Sulbar sebagai penyangga provinsi ini, yakni Mamuju, Mamuju Tengah dan Pasangkayu. Karena ketiganya dapat dikatakan kabupaten yang mengembangkan perkebunan kelapa sawit,” Jelas Naskah M.Nabhan.(*/wd)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *