oleh

Serial Penyaluran BLT UMKM-IKM Pemprov Sulbar Berlanjut, Kali ini Polman dan Majene Yang Disasar

Ali Baal berharap bantuan yang diberikan kepada pelaku usaha ini harus betul-betul dimanfaatkan dengan baik untuk pemulihan ekonomi guna menghidupkan kembali UMKM-IKM yang terdampak Covid-19.

Wartadedikasi.Com, Polman – Setelah di Kabupaten Mamuju tengah dan Pasangkayu kemarin (29 /07), hari ini giliran kabupaten Majene dan Polman yang menjadi sasaran penyaluran BLT UMKM-IKM Provinsi, kamis, 30/07/2020.

Di Kabupaten Majene jumlah penerima untuk kelompok Industri Kecil Menengah (IKM) sebanyak 131 penerima dengan nilai sebesar Rp289.500.000. Sementara untuk UMKM sebanyak 151 penerima dengan nilai bantuan sebesar Rp421.000.000. Dengan Total bantuan untuk Kabupaten Majene sebesar Rp.710.500.000.

Di Kabupaten Polman, jumlah penerima 556 pelaku UMKM dengan jumlah bantuan sebesar Rp.1.341.000.000 sedangkan bantuan untuk pelaku IKM sebanyak 1.024 dengan jumlah bantuan modal sebesar Rp 2.478.000.000. Dengan demikian total keseluruhan bantuan untuk Kabupaten Polman sebesar Rp 3.819.000.000.

Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar yang turun langsung memberikan BLT pada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah- Industri Kecil Menengah (UMKM-IKM) dari Pemprov Sulbar
mengatakan, meskipun dalam masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, harus tetap bersemangat dalam melaksanakan aktivitas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Kita tidak boleh terlalu takut, tapi juga tidak boleh lengah, untuk itu harus tetap jaga pola hidup bersih dan terapkan protokol kesehatan,” kata Ali Baal.

Ali Baal berharap bantuan yang diberikan kepada pelaku usaha ini harus betul-betul dimanfaatkan dengan baik untuk pemulihan ekonomi guna menghidupkan kembali UMKM-IKM yang terdampak Covid-19.

Ali Baal menyadari bahwa bantuan dari Pempov Sulbar kepada UMKM-IKM didaerah mungkin belum semua dapat, karena itu, Ia meminta kepada instansi terkait agar mendata yang belum menerima agar nantinya juga diberikan bantuan pada tahap selanjutnya, dengan tetap harus melengkapi data sesuai yang dipersyaratkan. Untuk bantuan tersebut, akan langsung ditransfer ke rekening masing-masing pelaku UMKM-IKM.

Pejabat Sekda Majene, Burhan menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan Pemprov Sulbar kepada UMKM-IKM Majene. Juga melaporkan bahwa Selain bantuan pemprov Sulbar, Pemkab Majene juga telah menyerahkan bantuan sebesar Rp1,5 miliar untuk membantu masyarakat dalam memulihkan ekonominya,Jelas Burhan

Terpisah, Bupati Polman, Andi Ibrahim Masdar menyampaikan, di Polman terdapat 78 ribu UMKM dan 6.300 IKM. Untuk UMKM diusulkan sebanyak 656 namun yang terealisasi sebanyak 556 dengan total bantuan sebesar Rp3,8 miliar. Sedangkan IKM yang diusulkan sebanyak 6.300 , namun yang terealisasi sebanyak 1.024.

“Kedepan, kalau masih ada bantuan untuk UMKM dan IKM, diharapkan ada penambahan , karena di tahap kedua saat ini banyak sekali pendaftar yang datang ke Dinas Koperindag mendengar ada bantuan dari Gubernur, sehingga hal ini betul-betul kita menyaring jangan sampai ada penerima yang bukan berasal dari UMKM-IKM, ” kata Andi Ibrahim Masdar.(*/wd)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *